WELCOME

Sunday, March 27, 2011

Mimika Raih Dua Rekor MURI

                                Patung Mbitoro Karya Seni Pahat Suku Kamoro -Kabupaten  Mimika
 
Kabupaten Mimika pada tanggal 18 Maret 2011 genap berusia 10 tahun. Angka 10 merupakan angka yang sempurna. Tepat diusianya yang ke 10 Kabupaten Mimika berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa. Tidak hanya di tingkat Kabupaten Mimika tetapi juga tingkat provinsi,nasional bahkan internasional. Lewat karya-karya spektakuler para pemahat asli Suku Kamoro. Dalam menghasilkan karya pahatan patung Mbitoro berukuran 9.9 meter. Ini merupakan patung terpanjang sepanjang sejarah dunia hingga berhasil meraih Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk Mimika. 
    Kabupaten Mimika Raih Dua Rekor MURI dibidang Seni Budaya

Bahkan yang pertama di Provinsi Papua maupun Papua Barat. Tidak hanya, patung terpanjang saja yang berhasil meraih rekor MURI, tetapi pemahat sebanyak 702 yang ikut serta dalam ajang itu berhasil memecahkan rekor MURI. Sehingga dikesempatan yang sama pemahat Asli Kamoro berhasil mempersembahkan dua rekor MURI sekaligus bagi Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua.
 

Rekor tersebut diraih setelah Senior Manager MURI Paulus Pangka SH melakukan pengukuran terhadap patung, Dimana panjang patung 9,9 meter dan lebar 2,85 meter. Dengan demikian patung terbesar itu masuk dalam rekor MURI yaitu ukiran patung terpanjang dan terbesar. Patung terbesar ini masuk dalam urutan yang ke 4783.

Menurut Paulus Pangka MURI pada prinsipnya sangat memberikan apresiasit erhadap karya seni adi luhung masyarakat. Apapun bentuknya apalagi dalam bidang seni budaya MURI sangat konsen dalam bidang budaya. Dimana rekor terbanyak masuk MURI adalah budaya, ini karena budaya bisa menyatukan  elemen masyarakat.(***)



1 comment:

  1. Mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi,,tingkatkan Kabupaten Mimika kalian pasti bisa,terima kasih untuk semuanya karena engkau bisa jaga nama baik Mimika.
    Sekian dan terima kasih.
    Amakaniee...Amolee...Amanoo

    ReplyDelete