WELCOME

Sunday, January 16, 2011

Belajar Dalam Rumah Ibadah

Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Persekolahan Gereja-Gereja di Indonesia (YPPGI) Meuwo Timika Indah merupakan salah satu sekolah yang terletak  didalam kota Timika. Namun nasib 366 murid yang belajar di sekolah tersebut tidak seberuntung anak-anak disekolah lain.  Sebab, kegiatan belajar mengajar disekolah yang seratus persen anak asli Papua berjalan tidak efektif. Bagaimana tidak gedung untuk berlangsungnya KBM belum tersedia. Demikian halnya, dengan ruang kelas, fasilitas dan kelengkapan KBM lainnya.
 
Ratusan siswa itu hanya bisa belajar dalam sebuah rumah ibadah. Yang kondisinya juga sangat tidak layak hanya terbuat dari papan yang kini mulai lapuk. Sedangkan kursi yang digunakan murid itu adalah kursi rumah ibadah. Dimana, satu kursi ditempati lima hingga enam siswa. Sementara sandaran kursi dijadikan sebagai meja. Kondisi ini sangat tidak menyenangkan karena tidak semua siswa bisa duduk manis kemudian menulis ataupun mengerjakan tugas lain. Karena agak tinggi sehingga para siswa terpaksa harus berdiri bagi mereka yang bertubuh kecil.

Belum lagi, riuh terikan murid kelas sebelah yang tidak jauh. Sebab, tidak ada dinding kelas yang memisahkan kelas satu dengan yang lainnya. Hanya dipisahkan dengan papan tulis berukuran 1 x 2 meter pada setiap kelas. Disinilah ratusan murid ini merajut masa depan mereka dalam kondisi serba keterbatasan. Mereka tetap tersenyum dan ceriah mengikuti KBM setiap hari.

Kepada SD setempat Petrus Pakage menuturkan KBM sudah berjalan selama empat tahun dalam kondisi itu. Sejak mengungsi dari Kwamki Narama saat terjadi konflik tahun 2006 lalu.  Pihak sekolah lanjut Pakage telah berupaya untuk membangun gedung sekolah. Hanya saja masih terkendala pada pembebasan lahan. Sementara, pemerintah bersedia membangun gedung sekolah. Namun, dengan catatan pihak sekolah harus menyediakan lahan.

Sayangnya, sekolah tidak sanggung membebaskan lahan senilai Rp400 juta. Sebab, orangtua murid yang rata-rata petani itu tidak mampu membayar lahan semahal itu. Sehingga sampai saat ini, belum ada kepastian untuk pembangunan gedung sekolah baru. Tinggal menanti pihak yang bersedia mengubah ratusan nasib murid disekolah itu untuk menempati gedung yang lebih layak.

SD YPPGI Meuwo Timika Indah ini tentunya, satu dari sekian sekolah di Papua khususnya di Timika belum mendapatkan perhatian penuh. Ini didalam kota saja seperti ini apaladi yang jauh dari jangkauan seperti apa kondisinya. Diharapkan kepada pemerintah pusat agar sekali waktu coba menjejaki wilayah di Papua untuk melihat fakta dilapangan seperti apa. Sebab, pemerintah didaerah ini tidak memperduli kondisi yang ada didaerah terutama kawasan terpencil. Akibatnya, banyak anak-anak yang menjasi korban tidak mendapatkan pelayanan pendidikan.(Am5r_anna)

    Murid SD YPPGI Meuwo Timika Indah Mimika Papua
     Siswa SD YPPGI Meuwo Timikah Indah Mimik PapuA


      Murid SD YPPGI Meuwo Timika Indah Mimika Papua

1 comment: